KEUANGAN PUBLIK ISLAM

ZAKAT SEBAGAI INTRUMENT UTAMA

KEBIJAKAN FISKAL


Menurut undang-undang Republik Indonesia pasal 1 ayat 2, menyatakan zakat adalah harta yang wajib dikeluarkan oleh seorang atau badan usaha untuk diberikan kepada orag-orang yang berhak menerimanya
Secara bahasa zakat berarti membersihkan, mensucikan, tumbuh, berkembang atau kesuburan. Sedang menurut hukum islam zakat adalah suatu pengambilan sesuatu dari harta tertentu, menurut rukun dan syarat yang ditetapkan dan untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan.

Fungsi Zakat :
1.Zakat dapat memeratakan pendapatan masyarakat
2. Mengurangi pengangguran
3. Meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat
4. Meningkat tingkat pendidikan
5. Menimbulkan stabilitas sosial dan ekonomi dengan adanya pembiayaan yang dilakukan lembaga penyalur zakat

Fungsi Kebijakan Fiskal yakni Fungsi Alokasi untuk mengalokasikan faktor-faktor produksi yang tersedia dalam masyarakat sehingga kebutuhan masyarakat akan barang dan jasa dapat terpenuhi., Fungsi Distribusi mempunyai tujuan berupa terselenggaranya pembagian pendapatan nasional yang adil dan Fungsi Stabilisasi terpeliharanya tingkat kesempatan kerja yang tinggi, tingkat harga yang relatif stabil dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang cukup memadai.

Tiga tujuan yang hendak dicapai oleh kebijakan fiskal ekonomi islam:
Islam mempunyai kehendak untuk menyetarakan ekonomi yang demokratis, Islam melarang praktik riba, dan Islam mempunyai komitmen untuk membantu masyarakat yang ekonominya lemah dan untuk menyebarkan ajaran islam seluas-luasnya

Kegiatan zakat saat ini masih sebatas kegiatan mayarakat untuk mensucikan harta, sehingga untuk dijadikan sebagai kebijakan fiskal perlu adanya penelitian tentang dampak alokasi, distribusi dan stabilitas zakat. Tapi sangat memiliki potensi yang besar untuk menjadi bagan komponen dalam kebijakan fiskal.

Dalam proses pengelolaan zakat Indonesia membentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), perlu adanya optimalisasi zakat untuk mengatasi masalah kemiskinan, pengangguran, dan ketimpangan pendapatan masyarakat. 
Indonesia sendiri dengan peran zakat akan menggerakkan sektor riil terutama usaha kecil menengah dan pertanian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Kation dan Anion ion Monoatom dan Poliatom Lengkap

Karbohidrat